Minggu, 12 Februari 2017

Cara Jitu Pemula Belajar Fotografi

Buat yang ingin belajar fotografi, sebaiknya memiliki kamera sendiri. Biar kamu lebih bebas saat ingin mengekplorasi obyek maupun mencoba teknik fotografi baru.


Kira-kira kamera apa yang tepat untuk dibeli? Beruntung saat mencari artikel belajar fotografi untuk pemula di situs GoAheadPeople.id dijelaskan sejumlah kamera yang cocok bagi pemula. Kamera tersebut adalah:
1. Canon Digital Ixus 145
2. Sony Cybershot DSC W810
3. Pentax Q7-02
4. Samsung NX Mini
5. Fujifilm X-M1
Kamera-kamera tersebut harganya cukup murah namun sudah memadai sebagai sarana belajar fotografi untuk pemula.   
Setelah punya kamera, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan teknik fotografi. Kamu bisa belajar dari banyak sumber. Seperti dari internet atau ikut komunitas fotografi. Bisa juga dengan menghadiri pelatihan atau kursus fotografi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan skill fotografimu.
Sebagai contoh kalau di situs GoAheadPeople.id itu ada fotografer Anton Ismael yang akan mengajarimu bagaimana cara memotret yang baik. Berhubung ini dilakukan secara online, jadi lebih mudah. Kamu hanya perlu join di situs tersebut dan ikuti deh ketentuannya.
Kemudian jika dirasa kalau kemampuan fotografimu sudah ciamik, ikuti kontes atau kompetisi fotografi. Pede aja sekalipun kamu masih pemula. Tak menang pun tidak jadi soal. Yang penting kamu bisa mengasah kemampuanmu.
Kalau sudah ada pengumuman lombanya, lihat juga siapa pemenangnya. Kamu bisa belajar dari karya foto para pemenang itu. Dengan begtiu kamu pun bisa nambah ilmu.
Coba juga tawarin kepada teman-temanmu tiap kali mereka ingin foto selfie, biar kamu yang mengambil fotonya. Ya tentu sambil kamu mainkan feelmu bagaimana mengambil angle yang tepat biar hasil fotonya jadi keren.
Dengan makin sering praktek, kamu pun akan tahu cara bagaimana menghasilkan  foto yang bagus. Tentu sambil kamu terus menimba ilmu dengan belajar ilmu fotografi dari para fotografer profesional itu.
Jangan sungkan untuk bertanya banyak hal kalau kebtulan bertemu dengan fotografer itu. Bila perlu, coba ajukan diri untuk bisa menjadi asisten para fotografer itu. Maksudnya kamu bisa mendampingi fotografer itu tiap ada sesi pemotretan.
Kalau sampai itu kesampaian, wah itu peluang bagus buat kamu. karena kamu bisa langsung belajar detik demi detik dengan fotografer tersebut. Kamu bisa amati apa yang mereka lakukan agar fotonya benar-benar keren.
Yang penting lagi, jangan mudah merasa puas. Sekalipun level fotografimu sudah mengalami peningkatan yang signifikan, tapi teruslah belajar dan praktek. Kamu harus terus mencoba mencapai level yang lebih tinggi lagi.
Memang jalan untuk menjadi seorang fotografer itu tidak bisa instan. Butuh keringat yang bercucuran serta mungkin ratusan ribu kali jari memencet tombol kamera. Tapi semuanya itu nanti akan terbayar.
Itu juga yang dialami oleh para fotografer kawakan itu. Kalau ketemu dengan mereka, coba tanyakan kisah hidupnya bagaimana sampai mereka bisa menjadi fotografer sukses seperti sekarang ini. Perjuangan mereka juga tidak mudah.
Tapi mereka enggan menyerah. Mereka terus Go Ahead maju ke depan dan mencoba mengejar apa yang ingin mereka raih. Semangat pantang menyerah ini yang harus kamu tanamkan pada dirimu. Tak ada rintangan sesulit apapun yang tak bisa kamu taklukkan jika kamu mau terus go ahead ke depan!


EmoticonEmoticon