Tips, Teknik dan Cara Memijat Bayi Yang Tepat - BeritaBaris.com

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 27 Maret 2017

Tips, Teknik dan Cara Memijat Bayi Yang Tepat

Setelah kelahiran selama beberapa bulan si kecil harus diberikan pijatan. Sebab, pada bulan-bulan pertama kelahirannya, tulang dan tubuhnya masih lemah. Selain menggunakan jasa dukun bayi, kamu bisa memijat si kecil sendiri yang bisa untuk menambah keeratan ikatan batin ibu dan anak. Untuk itu, kamu harus tahu bagaimana cara memijat bayi yang tepat.
Memijat bayi juga bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan menurut penelitian, perkembangan berat badan bayi permatur bisa bertambah 20-40% kalau dipijat secara teratur yang diungkap oleh para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami pada tahun 1986. Bagi yang belum tahu teknik-teknik yang tepat dalam memijat bayi, ikuti cara berikut ini!
foto:tipsanakbayi.com

Siapkan tempat dan gunakan minyak yang tepat
Sebelum ke cara memijat bayi, kamu harus menyiapkan tempat yang nyaman untuk si kecil dan minyak telon atau babyi oil untuk memudahkan pijat.
Pijat bagian kaki
Mulailah untuk memijat bagian kaki secara lembut. Pinjatlah dengan gerakan melingkar dari paha sampai ke pergelangan kaki si kecil. Ingat, jangan keras-keras karena otot dan tulang bayi masih sensitif. Berilah tekanan ringan saat memijat di bagian telapak kakinya. Pijat juga jari jemarinya yang kecil.
Pijat punggung
Selanjutnya, pijatlah bagian punggung bayi dengan hati-hati. Langkah ini bisa membuat si kecil rileks dan nyenyak saat tidur. Pijatlah mulai dari pantat sampai leher dengan gerakan memutar.
Bagian dada
Setelah dipijat dengan posisi tengkurap, selanjutnya balikkan padannya dan pijat bagian dadanya. Cara memijat bayi bagian dada adalah dengan membuat gerakan ke atas sampai ke bawah leher. Lanjutkan ke samping kiri dan kanan pada bagian atas tulang selangka, bentuk gerakan seperti gambar jantung. lalu kembali ke ulu hati dengan gerakan membentuk huruf X di bagian dada bayi.
Pijat lengan lalu muka bayi
Langkah selanjutnya, pijatlah di bagian lengan. Mulai dari pundak sampai ke pergelangan kaki. Pijat telapak tanggannya menggunakan ibu jari sampai ke jari-jari. Gantian ke bagian tangan satunya lagi. Setelah itu, pijat bagian muka secara lembut. Mulai dari alis, kelopak mata bayi lalu sampai ke lipatan hidungnya.
Cara memijat bayi yang tepat adalah dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan bayi, jangan memaksanya tapi buatlah dia senang. Lakukan sebelum tidur, sehingga dia mendapatkan tidur berkualitas dan pertumbuhannya semakin baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot