Rabu, 27 September 2017

4 Jenis Teh Terpopuler Didunia

foto:teh putih merdeka.com

BeritaBaris.com Di sebagian negara, minum teh sudah menjadi tradisi bahkan budaya yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, negara kita adalah salah satunya. Dapat dilihat, bagaimana kita bisa dengan mudah menjumpai sajian teh di banyak tempat, mulai dari warung kecil hingga caffee dan restoran, pasti menyediakan minuman teh.
Tidak hanya di warung, hampir setiap rumah pasti memiliki stok teh, baik untuk diminum sendiri ataupun untuk sajian saat ada tamu datang ke rumah. Rasanya kurang lengkap jika tidak menyuguhkan secangkir teh. Mungkin karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang doyan minum teh, membuat banyak perusahaan atau pabrik memproduksi olahan daun teh siap saji seperti salah satu produk Indonesia bernama Sarimurni.
Indonesia sendiri merupakan penghasil teh terbesar ke-7 di dunia, ada banyak jenis teh yang tersebar diberbagai belahan dunia, seperti beberapa jenis teh berikut ini:

1.Teh Putih
Namanya memang teh putih, namun dari warna aslinya tidak sepenuhnya putih melainkan kuning pucat. Berasal dari daun teh yang masih sangat muda sehingga warnanya tidak hijau seperti daun teh pada umumnya. Menurut beberapa sumber, jenis teh putih termasuk dalam golongan teh termahal di dunia, mungkin karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan serta kandungan kafeinnya yang rendah, sehingga membuat harga teh putih jadi mahal.

2.Teh Hitam
Kelebihan pada teh hitam ialah mampu bertahan dalam waktu lama sehingga meski disimpan dalam beberapa tahun, tidak akan rusak atau berubah rasanya. Proses pengoksidasian yang lebih dibandingkan jenis teh lain yang membuat teh hitam mampu bertahan lama. Teh hitam sendiri terbagi lagi menjadi beberapa macam, biasanya namanya disesuaikan dengan daerah penghasil teh tersebut. Sebagian besar dalam penyajian teh hitam, dicampurkan dengan tanaman lain agar rasa yang dihasilkan semakin nikmat. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari minum teh hitam adalah mengurangi resiko stroke.

3.Teh Oolong
Bagi kita orang Indonesia, nama Teh Oolong mungkin terdengar asing. Ya, teh jenis ini memang bukan berasal asli dari Indonesia melainkan dari Cina. Nama “Oolong” sendiri diambil dari asal kata “Wulong” yang berarti black dragon tea. Teh Oolong mengalami perkembangan sejak lama di daerah Cina dan dibuat dengan proses yang cukup rumit serta pengawasan yang ketat karena cita rasa dari teh oolong tergantung pada waktu dan suhu saat proses pembuatan.

4.Teh Herbal
Teh herbal merupakan jenis teh yang sudah mengalami pencampuran dengan bahan lain yang berasal dari bahan alami seperti biji-bijian, akar dan bunga yang dikeringkan. Jenis teh herbal sangat cocok bagi mereka yang menerapkan gaya hidup sehat. Umumnya teh herbal bebas dari kafein. Salah satu jenis teh herbal yang cukup popular di dunia adalah Chamoline.
4 jenis teh di atas terkadang dijual dengan harga yang cukup mahal, jika dibandingkan dengan harga teh yang banyak dijual dipasar Indonesia. Namun, untuk bisa menikmati sajian teh yang nikmat dan berkualitas, kita tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang karena saat ini sudah ada teh nikmat nan ekonomis yaitu Sarimurni.
Semoga artikel ini bermanfaat, salam!


EmoticonEmoticon