Sabtu, 16 September 2017

5 Kegiatan Yang Dapat Mengasah Otak Anak



Para orang tua saat ini umumnya sangat memperhatikan bagaimana perkembangan anaknya, baik dari segi fisik, kemampuan hingga kecerdasan. Untuk memenuhi berbagai aspek tumbuh kembang anak, berbagai upaya dapat dilakukan. Namun, dalam memilih metode apa yang cocok dalam mengasah otak anak serta kemampuan fisiknya, orang tua perlu melihat minat dan bakat anak serta kesesuaian metode dengan umur. 
aktivasiotakkanan.net

Ada beberapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang tua, terutama para bunda yang lebih sering menenami buah hati dirumah. 5 kegiatan ini patut dicoba karena selain menyenangkan juga dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak.

1.      Bacakan Cerita & Dongeng

Dulu, para orang tua sering membacakan cerita atau dongeng kepada anaknya menjelang tidur. Namun, saat ini kegiatan membacakan cerita sudah jarang dilakukan, padahal ada beberapa poin penting dan manfaat yang bisa didapatkan terutama untuk sang anak. Seorang anak yang terbiasa mendengarkan cerita, memiliki konsentrasi yang lebih bagus karena pada saat mendengarkan, ia dilatih untuk fokus dan menggunakan sebagian pancaindera. Dari cerita yang dibacakan, anak juga bisa belajar tentang pesan moral yang dapat disampaikan langsung oleh orang tua usai membaca cerita. Lakukanlah kegiatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mengasah otak anak dan juga menjalin hubungan emosi yang baik antara orang tua dengan anak.

2.      Menggambar & Mewarnai bersama

Jika anak anda memiliki minat yang besar terhadap kegiatan menggambar atau mencoret-coret warna, ini suatu pertanda yang baik. Jangan larang ia untuk berekspresi, namun berilah dukungan serta arahan agar apa yang ia lakukan dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri. Kegiatan menggambar pada anak juga terbukti dapat melatih daya konsentrasi, emosi, gerak anggota tubuhnya yang masih dalam tahap perkembangan. Anda bisa memfasilitasi anak yang hobi menggambar dengan memberinya kertas gambar dan pensil aneka warna.

3.      Main Tebak-tebakan

Ingin melakukan kegiatan yang lebih menantang bersama anak? Anda bisa mencoba kegiatan bermain sambil belajar lainnya dengan main tebak-tebakan. Caranya sangat mudah, sediakan beberapa kantung untuk memasukkan benda yang satu tema misalnya mainan, bola warna-warni, boneka dan lainnya. Masukkan salah satu-satu benda tersebut dalam kantung lalu ajak anak untuk menebak. Jenis kegiatan seperti ini dapat melatih daya ingat, mengenalkan aneka bentuk benda serta meningkatkan daya analisanya.

4.      Ajak Anak Berolahraga

Kecerdasan otak tidak akan optimal tanpa adanya fisik yang kuat. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan perkembangan fisik anak. Bagi anda orang tua yang hobi melakukan olahraga, bisa mengajak serta anak untuk ikut. Olahraga ringan seperti lari pagi, lempar bola, berenang atau bermain catur, bisa jadi pilihan alternatif kegiatan olahraga yang bisa dilakukan bersama anak.

5.      Memasak Bersama

Kegiatan terakhir yang sangat cocok dilakukan oleh para mommy yang hobi memasak dan memiliki anak perempuan adalah kegiatan memasak bersama. Bunda dapat mengajak serta anak membuat makanan atau kue kering seperti cookies. Proses membuat makanan, dimana ada tahapan yang harus dilakukan seperti melakukan langkah resep makanan, akan melatih anak dalam hal perencanaan dan disiplin. Namun, perlu diperhatikan, dalam melakukan kegiatan ini hendaknya bunda lebih berhati-hati karena ada beberapa peralatan dapur yang berbahaya. Jadi, tetap awasi sang buah hati ya…!

Dari ke-5 jenis kegiatan mengasah otak di atas, anda bisa memilih mana yang sesuai dan cocok untuk anda lakukan bersama anak dirumah. Selamat mencoba!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon